Penggunaan Video Dan Power Point Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Penddikan Agama Kristen

Yakobus Adi Saingo, Nida Yohana Nenomnanu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan video dan power point untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama kristen kelas III di SDN Oebobo 2 Kupang. Metode yang diterapkan menggunakan pola penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan siklus terdiri dari beberapa kegiatan yang meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, dan observasi serta refleksi. Data akan dikumpulkan dari subjek penelitian yaitu siswa kelas iii sebanyak satu kelas berjumlah 24 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 13 orang perempuan di SDN Negeri Oebobo 2 Kupang pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Kriteria refleksi data-data atau batas target pencapaian peningkatan belajar siswa menggunakan kriteria: kriteria penilaian, rentang nilai kriteria 86–100 baik sekali, 70-85 baik, 60-69 cukup, 50-59 kurang, 0-49 kurang sekali. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan hasil serta pembahasan bahwa berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, maka penggunaan video dan power point dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAK kelas III di SDN Oebobo 2 Kupang sebab adanya peningkatan hasil belajar sebanyak 83.33%. Hasil belajar peserta didik mulai meningkat sejak siklus 1 yaitu 70.83%, dan siklus 22 yaitu 83.33 % dengan jumlah 24 siswa. Bahkan pada siklus 1 hasil yang diperoleh dari nilai keaktifan siswa sebesar 3,65 atau ada dalam tingkat sedang, dan pada siklus 22 hasil observasi  yang diperoleh dari nilai keaktifan siswa adalah sebesar 4,029 atau ada dalam tingkat tinggi.

Keywords


Video Dan Power Point, Motivasi Belajar, Penddikan Agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 339–407.

Gawise, Nurmaya, A. L., Jamin, M. V., & Azizah, F. N. (2022). Peranan Media Pembelajaran dalam Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3575–3581.

Hanafiah, Sauri, R. S., Rahayu, Y. N., & Arifudin, O. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP: Urnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024.

Legi, H. (2021). Implikasi Metode Mengajar Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen. DIDASKO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), 12–24.

Loloangin, G. (2023). Pentingnya Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Guru PAK. JPDK: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5720–5725.

Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusuma, A. R. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514.

Nabila, A. (2022). Konsepsi Manajemen, Manajemen Mutu, Dan Manajemen Mutu Pendidikan. Journal Ability: Journal of Education and Social Analysis, 3(1), 56–63.

Payadnya, P. A. A., Hermawan, I. M. S., Wedasuwari, I. A. M., Rulianto, & Jayantika, I. G. A. N. T. (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Deepublish.

Simarangkir, S., Angkouw, S. R., & Kuntari, V. D. (2022). Prinsip Penginjilan Berdasarkan 1 Korintus 9:16 dan Relevansinya bagi Tugas Guru PAK. DIDASKO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 160–176.

Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Communnity Development Journal, 4(2), 1234–1239.

Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 7–12.

Wainarisi, Y. O. R., Wilson, & Susanto, D. (2022). Pelatihan multimedia bagi jemaat Gereja Kristen Evangelikal (GKE) Resort Bukit Bamba Kecamatan Kahayan Tengah. Kacanegara Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 203–212.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.

Zega, H. Y., & Tafonao, T. (2021). Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi. DIDASKO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 98–110.

Zega, Y. K. (2022). Peran Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Jurnal Apokalupsis, 13(1), 70–92.




DOI: https://doi.org/10.52879/didasko.v3i2.88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 DIDASKO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexed By:
     
 
Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Diaspora Wamena
Institution Website: http://stakdiaspora.ac.id/ 
Address: Jalan Patimura Kel. Wamena Kota Kec. Wamena Papua 99511
e-jurnal Website: http://e-journal.stakdiaspora.ac.id/index.php/didasko/index
e-ISSN: 2776-5415 p-ISSN: 2776-5407

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).