Upaya Meningkatkan Percaya Diri Anak Melalui Sentra Bermain Peran Dengan Metode Bcct (Beyond Center And Circle Time) Pada Kelompok B Tk El Shaddai Terpadu Untang
Abstract
Self-confidence is a very important aspect for a person to be able to develop potential. For this reason, this study aims to provide an overview of the confidence of group B children in Elshaddai Untang Kindergarten, explain the application of role play centers in the BCCT method as an effort to increase children's confidence, and explain the results of the application of role play centers in the BCCT method can increase children's confidence in group B in Elshaddai Untang Kindergarten. The research method used, namely Classroom Action Research, uses three cycles of nine meetings, one cycle of three meetings. With the number of subjects 10 children. Data collection techniques used observation and documentation. The results showed that the application of BCCT with role play centers can increase children's self-confidence, there are some children who increase their confidence. Overall increase in self-confidence of cycle 1 children 42.625% cycle 2 67.25% cycle 3 80.5%. So it can be concluded in this study that children's self-confidence can increase through role play centers with the BCCT method.
Abstrak
Percaya diri merupakan aspek yang sangat penting bagi seseorang untuk dapat mengembangkan potensi, khusunya kepada anak. Dalam penelitian ini, anak-anak yang diamati merupakan murid TK B di Taman Kanak-kanak Elsahadai Untang Terpadu Kalimantan Barat. Di mana dalam pengamatan penulis anak anak belum memiliki kepercayaan diri yang kuat, ketika diberi kesempatan memimpin baik dalam barisan, menyampaikan pendapat ataupun bertanya. Penelitian ini bertujuan memberi gambaran percaya diri anak kelompok B di TK Elshaddai Untang, menjelaskan penerapan sentra bermaian peran pada metode BCCT sebagai upaya meningkatkan percaya diri anak, serta menjelaskan hasil penerapan sentra bermain peran pada metode BCCT dapat meningkatkan percaya diri anak pada kelompok B di TK Elshaddai Untang. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan tiga siklus sebanyak sembilan kali pertemuan, satu siklus ada tiga kali pertemuan. Dengan jumlah subjek 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan BCCT dengan sentra bermain peran dapat meningkatkan percaya diri anak, ada beberapa anak yang meningkat percaya dirinya. Secara keseluruhan peningkatan percaya diri anak siklus 1 42,625% siklus 2 67, 25% siklus 3 80, 5%. Jadi dapat disimpulkan pada penelitian ini percaya diri anak dapat meningkat melalui sentra bermain peran dengan metode BCCT.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, P., & Asmira, Y. D. (2018). Pengembangan model pendidikan karakter peduli sosial melalui metode bermain peran di TK Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02).
Aprianti Rofita Rahayu. (2013). Menumbuhkan kepercayaan diri anak melalui kegiatan bercerita.
Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua dan motivasi intrinsik dengan kepercayaan diri anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 494–505.
Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara.
Aristiani, R. (2016). Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audiovisual. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2).
Azizah, N. (2013). Tingkat keterampilan berbicara ditinjau dari metode bermain peran pada anak usia 5-6 tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2).
Dau, M. P., & Santosa, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran BCCT Meningkatkan Kemandirian dan Kreativitas Anak Didik Usia 5 – 6 Tahun di PAUD. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 4(1), 51–65. https://doi.org/10.47530/edulead.v4i1.146
Derry Iswidharmanjaya. (2014). Satu Hari Lebih Pecaya Diri.
Fanun, D. (2019). Percaya Diri Harga Mati. ARASKA.
Fauzia Herli Noviampura, S. W. (2022). Meningkatkan Percaya Diri Anak melalui Model Bermain Asyik di RA. Al Miffa. Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.782
Gainau, M. B. (2019). Pengembangan potensi Diri anak dan remaja. PT Kanisius.
H. Darmadi. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. CV BUDI UTAMA.
Halifah, S. (2020). Pentingnya Bermain Peran Dalam Proses Pembelajaran Anak. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3).
Hani Subakti Dkk. (2022). Pendidikan Anak usia Dini. Yayasan Kita Menulis.
Harefa, I. D., & Suprihatin, E. (2023). Strategi Mengatasi Problematika Mutu Pembelajaran Melalui Merdeka Belajar di Lembaga PAUD. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 70–77. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.14617
Heri Wibowo. (2017). Fortune The Ready.
Kholifah. (2018). Memaksimalkan Peran Pendidik Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa. Fakultas Keguruann dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Paizaluddin and Ermalinda. (n.d.). Penelitian Tindakan Kelas.
Perkasa, G. (2020). Beda Gaya Parenting Otoriter vs Otoritatif. Lifestyle.Kompas.Com.
Risnawati, V. (2012). Optimalisasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dinimelaluisentra Main Perandi Taman Kanak-Kanakpadang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2), 1–10. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1595
Rosita, R., Alawiyah, N., & Diananda, A. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Bermain Sentra. JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study, 2(1), 1–17.
Sagala, S. (2017). Human Capital: Membangun modal Dumber Daya Manusia berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas. KENCANA.
Sairah dkk. (2022). Perkembangan Peserta Didik.
Santosa, P. M. (2018). Peningkatan Percaya Diri Siswa Menggunakan Metode Bermain. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 38, 745–754.
Sinaga, R. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Societas Dei: Jurnal Agama Dan Masyarakat, 5(2), 180. https://doi.org/10.33550/sd.v5i2.89
Suprihatin, E., Simorangkir, R. F., Willyam, V., & Other. (2023). Kepemimpinan Anak dan Remaja. KBM Indonesia.
Wahyuni, E., & Salim, A. (2022). MENINGKATKAN PERCAYA DIRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. 72–77.
Yunifia, R. N., Wardhani, J. D., Guru, P., Anak, P., Dini, U., & Surakarta, U. M. (2023). Efektifitas Bermain Peran terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. 7(2), 2163–2176. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4191
DOI: https://doi.org/10.52879/jak.v1i2.99
DOI (PDF): https://doi.org/10.52879/jak.v1i2.99.g67
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yunita Aek Un, Sriyati Sriyati, Herminayu Herminayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Diaspora Wamena
Institution Website: http://stakdiaspora.ac.id/
Address: Jalan Patimura Kel. Wamena Kota Kec. Wamena Papua 99511