Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Menghadapi Gaya Hidup Hedonisme di Kalangan Remaja Usia 15-18 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi guru pendidikan agama Kristen dalam menghadapi gaya hidup hedonisme remaja di kalangan usia 15-18 tahun. Dengan menggunakan metode kepustakaan yaitu mengumpulkan sumber-sumber literatur dari artikel jurnal,hasil penelitian sebelumnya, buku-buku pdf, drive, internet dan sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas dalam penelitian. Adapun hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa; Guru pendidikan agama Kristen memegang peran strategis untuk membimbing dan mengarahkan setiap remaja agar tidak terjebak dalam kehidupan yang hedonisme melalui langkah-langkah strategis seperti: 1) Mengajarkan remaja praktik bersyur; 2) Membimbing remaja dalam pengembangan empati dan kasih kepada sesama; 3) Memberikan pendidikan religious yang mengutamakan pemahaman dan praktik membaca Alkitab sebagai elemen sentral dalam perkembangan rohani; 4) Mendorong pemikiran positif sebagai metode kognitif dalam menghadapi berbagai aspek kehidupan; 5) Mendidikan remaja agar menginternalisasi disiplin sebagai komponen integral dalam gaya hidupnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifianto, Y. A. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(1), 45-59.
Amanda Utami Putri. (2019). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonisme Dengan Impulsive Buying PadaPriaMetroseksualDiKotaPalembang. https://repository.unsri.ac.id/4268/3/RAMA_73201_04041281520068_0002118304_0226067901_01_front_ref.pdf
Andre Kurniawan. (2020). Pengertian Hedonisme beserta Penyebab dan Dampaknya. In Merdeka.com (p. 6). https://www.merdeka.com/jabar/pengertian-hedonisme-beserta-penyebab-dan-dampaknya-kln.html
Ashefa Griya Pusaka. (2023). Cara Menghilangkan Rasa Malas Agar Kembali Bersemangat. https://ashefagriyapusaka.co.id/berita-rehabilitasi-narkoba/cara-menghilangkan-rasa-malas/
Aurora Ridha Zetana. 2018. “Apa yang dimaksud dengan berpikir.”
Beatus Mendelson Laka. (2020). Role Of Parents In Improving Geography Learning Motivation In Immanuel Agung Samofa High School. 70.
Contasia Christie. 2017. “Arti Bersyukur dan Bentuk Ucapan Dalam Alkitab,” June 9, 2017.
davriella. 2018. “6 Peranan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Menurut Alkitab,” November 15, 2018.
Diana Pratiwi. 2021. “Arti Kebenaran Dalam Hidup,” Desember 2021.
DetailArt. (n.d.). Pengertian Hedonisme, Penyebab, dan Dampaknya. https://klikasuransiku.com/detailArt/id
Drivanessa Al’akbar. (2022). Tingkat Gaya Hidup Hedonisme Pada Remaja Di Kota Padang. 4(2). https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/467
Dwi, pramitasari. (2021). Peran Kecerdasan Spiritual dan gaya hidup.
Edelweis Lararenjana. (2021). Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli (p. 4). https://www.merdeka.com/jatim/pengertian-lingkungan-hidup-adalah-ruang-semua-hal-hidup-berdampingan-wajib-tahu-kln.html
Eka Sari Setianingsih. (2018). Wabah Gaya Hidup Hedonisme Mengancam Moral Anak. 8 Nomor 2 Desember 2018. http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas
Elizabeth B. Hurlock. (1991). Psikologi perkembangan. 207.
Erastus Sabdono. 2017. Menantang Zaman.
Evi Nuriyani Simatupang. 2020. “Pengaruh Kompetensi Spiritual Guru Pendidikanagama Kristen Terhadap Pertumbuhan Iman SISWA,” 2, 18 (September): 13.
Gregorius Heri Eko Prasojo. 2021. “Tergerak Hati oleh Belas Kasihan.” https://kemenag.go.id/katolik/tergerak-hati-oleh-belas-kasihan-29ja4e.
Homrighausen,E.G Enklaar. I.H. (2005). Pendidikan Agama Kristen.
Jekson Pardomuan. 2016. “Janganlah Kamu Menjadi Serupa dengan Dunia Ini.” https://analisadaily.com/berita/arsip/2016/9/24/265214/janganlah-kamu-menjadi-serupa-dengan-dunia-ini/.
Jellyan Alviani Awang. 2021. “Strategi Pendidikan Agama Kristienbagi Remaja dalam Membentuk Konsep Diri guna Menghadapi Krisis Identitas akibat Penggunaan Media Sosial” 4 (July). https://doi.org/10.47167/kharis.v4i1.64.
Khoirul Bariyyah Hidayati, M. F. (2016). Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja. 5.
Nadia Franciska Sukarno. (2018). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Gaya Hidup Hedonis Pada Siswa Di SMA PL Don Bosko Semarang. 7. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/21702
Novita Trimartati. (2014). Studi Kasus Tentang Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan. 3. https://www.researchgate.net/publication/307086029_Studi_Kasus_Tentang_Gaya_Hidup_Hedonisme_Mahasiswa_Bimbingan_dan_Konseling_Angkatan_2011_Universitas_Ahmad_Dahlan
Nurleli Purnamasari. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonis Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Medan. https://repositori.uma.ac.id/bitstream/123456789/11253/1/158600139%20-%20Nurleli%20Purnamasari%20-%20Fulltext.pdf
LAI, P. (2012). Alkitab-Kebangkitan Tubuh.
Maryam ismail. (2019). Hedonisme dan pola hidup islam. 16, 2. https://www.researchgate.net/publication/343121233_Hedonisme_dan_Pola_Hidup_Islam
Melati (Mahasiswa PGSD IB). (2022, January 10). Maraknya Budaya Hedonisme Di kalangan Remaja. UPMK NEWS. · http://news.upmk.ac.id/home/post/maraknya.budaya.hedonisme.di.kalangan.remaja.html
Misbahun Nadzir. (2015). Psychological Meaning Of Money Dengan Gaya Hidup Hedonisme remaja di kota malang. https://mpsi.umm.ac.id/files/file/582-596%20zzMisbahun%20Tri%20Muji.pdf
Moh.Nasir. (1998). Metode Penelitian.
Mauli Sofiani. 2020. “Era Globalisasi, Hedonisme dan Gaya Hidup Konsumtif.” https://barometernews.id/era-globalisasi-hedonisme-dan-gaya-hidup-konsumtif/.
Nikolaos, N., & Arifianto, Y. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Karakter Naradidik. MANTHANO: jurnal pendidikan kristen, 2(1), 42-52..
Puput Ayu Ningsih. 2021. “Pentingnya Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak,” 2021.
Putu Ari Purwanti. 2016. “Gaya Hidup Hedonisme Di Kalangan Remaja Putri.” http://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/17265.
Rahmat Sulaiman Naibaho. (2017). Peranan Dan Perencanaan Teknologi Informasi Dalam Perusahaan. https://media.neliti.com/media/publications/290731-peranan-dan-perencanaan-teknologi-inform-ad00d595.pdf
Sri Suprapti. (2022). Beginilah Guru Bahasa Jawa Mendidik Dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti. In Gurunovatif (p. 3)
Rini, W. A., Fernando, A., Anjaya, C. E., & Arifianto, Y. A. (2022). Peningkatan Mutu Lulusan Sekolah Tinggi Teologi Dan Kultur Kampus: Sebuah Refleksi Teologis Filipi 3: 17-18 Tentang Keteladanan. Jurnal Teologi Gracia Deo, 5(1), 75-86..
Rsnharahap. 2021. “Renungan Hari Ini: ‘Bapa-Bapa Jangan Bangkitkan Amarah’ (Efesus 6:4).” http://gkpa.or.id/?reff=bacaartikel&a=3089633ff2e63703fb1817fb952854a9.
Sri Supangati. 2021. “Mengembangkan Mindset Positif,” November 18, 2021.
Tobing, 2017. “Hidup Mengucap Syukur Khotbah Efesus 5:20.” http://rhltobing.blogspot.com/2017/01/hidup-mengucap-syukur-khotbah-efesus-520.html.
Ya’aman Gulo. 2020. “Peran PAK Dalam Membentuk Mental Positif Generasi Kristen Di Era Millenial,” 1, 5 (March): 9.
Yusuf. (2017). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. 1.
DOI: https://doi.org/10.52879/jak.v1i2.93
DOI (PDF): https://doi.org/10.52879/jak.v1i2.93.g60
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Haraitoni D. Sianturi, Elieser R Marampa, Eddy Simanjuntak, Yusuf Setiawan S.K
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Diaspora Wamena
Institution Website: http://stakdiaspora.ac.id/
Address: Jalan Patimura Kel. Wamena Kota Kec. Wamena Papua 99511