Pendidikan Sepanjang Hayat Untuk Menunjang Kompetensi Tenaga Pendidik

Naulia Julitandari Sembiring, Anjai Silalahi, Putri Maria Magdalena Siagian

Abstract


Fresh graduate must have competencies that required by job market. In today’s work place, labors must be technologically adept and globally competitive. Thus, educators must enhance their skills continously. Teachers competencies are pedagogy, profesionalism, personality, and social skills also lecturers competencies are excellence in teach, research, and community service that scientifically accountable and rooted scientific expertise skills need further enriched through lifelong education. Lifelong education is a continous learning that surpasses age limits to improve adults knowledge and skills. It is valueable tool for improving educators competencies and maintaining their expertise, contributing to their success. By implementing the principles of andragogy, lifelong education can impart of 8 competencies to educators, enabling them to effectively address educational challenges in Indonesia, particularly in realms of technology, politics, and socio-culture. This research examines lifelong education as a means to elevate the educators competencies and explain lifelong education program for them. Using the literature review method, researchers meticulously analyze data from regulations, books, and joournal to produce objective and scientifically grounded writing.

Abstrak

Lulusan akademisi harusnya memiliki kompetensi yang dibutuhkan lapangan pekerjaan sehingga dapat bersaing. Dunia pekerjaan saat ini membutuhkan sumber daya manusia yang melek teknologi dan mampu bersaing secara global. Karena itu, tenaga pendidik perlu meningkatkan kompetensinya. Kompetensi guru meliputi pedagogik; profesional; kepribadian; dan sosial juga kompetensi dosen yaitu keahlian mengajar; meneliti; dan pengabdian masyarakat yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan keahlian berdasarkan latar belakang pendidikan dapat diperkaya dengan kemampuan serta ketrampilan melalui pendidikan sepanjang hayat. Pendidikan sepanjang hayat merupakan proses pembelajaran tanpa batasan usia untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan ketrampilan individu berpusat pada orang dewasa sebagai pembelajar. Pendidikan sepanjang hayat bermanfaat untuk meningkatkan kualifikasi tenaga pendidik guna meningkatkan kompetensinya. Pendidikan sepanjang hayat berguna untuk mengawetkan kepakaran agar mencapai kesejahteraan tenaga pendidik. Pendidikan sepanjang hayat yang menerapkan prinsip andragogi setidaknya dapat menambah 8 kompetensi bagi tenaga pendidik. Melalui pendidikan sepanjang hayat, tenaga pendidik berkompetensi dapat mengatasi tantangan pendidikan di Indonesia yaitu di bidang teknologi, politik, dan sosial budaya. Penelitian ini mengkaji pendidikan sepanjang hayat untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik sebagai upaya pengawetan kepakaran dan memaparkan program pendidikan sepanjang hayat untuk tenaga pendidik. Dengan metode kajian pustaka, peneliti mengkaji data dari peraturan undang.


Keywords


pendidikan sepanjang hayat; kompetensi tenaga pendidik; guru; dosen; andragogi.

Full Text:

PDF

References


Adabaş, A., & Kaygin, H. (2016). Lifelong Learning Key Competence Levels of Graduate Students. Universal Journal of Educational Research, 4(12A), 31–38. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.041305

Ariefin, D. (2023). Prinsip-Prinsip Praktis Bersikap dalam Mendampingi Orang Dewasa Belajar. Didache: Journal of Christian Education, 4(1), 93. https://doi.org/10.46445/djce.v4i1.659

Baco, N., & Elihami. (2021). EFFECT OF PROBLEM BASED: LIFE-LONG EDUCATION IN INDUSTRIAL AND DEVELOPING COUNTRIES. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 2(1), 1–9.

Bums, R. (2020). Adult Learner at Work: The challenges of lifelong education in the new millenium. Routledge.

Collins, J. (2004). Education Techniques for Lifelong Learning. RadioGraphics, 24(5), 1483–1489. https://doi.org/10.1148/rg.245045020

Drugas, M. (2022). SCREENAGERS OR “SCREAMAGERS”? CURRENT PERSPECTIVES ON GENERATION ALPHA. Psychological Thought, 15(1), 1–11. https://doi.org/10.37708/psyct.v15i1.732

Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru (B. S. Fatmawati (ed.)). PT Bumi Aksara.

Fenia, S. Z. (2018). PENGARUH MOTIVASI KERJA, PELATIHAN DOSEN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA DOSEN PADA SEKOLAH TINGGI X DI SUMATERA BARAT. Jurnal Benefita, 3(1), 76–83. https://doi.org/10.22216/jbe.v3i1.2361

Guliyeva, A., Aliyeva, T., Rzayeva, U., & Huseynova, R. (2021). Lifelong Education as a Challenge of Digital Era. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(6), 1282–1289.

Haliza, V. N., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menjawab Tantangan Masa Depan Bangsa Ditengah Arus Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 1–8. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1615

Harto, K. (2018). TANTANGAN DOSEN PTKI DI ERA INDUSTRI 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1–15. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.159

Husnani, Zaibi, Rollies, B. (2019). Tantangan Guru di Era Kekinian. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 348–356.

INDONESIA, M. P. D. K. R. (2020). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3 TAHUN 2020.

Indonesia, P. R. (2005). Undang Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Fauziyyah, D. H., Hasanah, I. A., Nada, L. N., & Puradireja, S. M. (2022). Pentingnya Kurikulum Darurat COVID-19 Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Sinektik, 5(1), 29–39. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33061/js.v3i2.7388

Jayani, D. H. (2019). Jumlah Guru yang Tersertifikasi Belum Sampai 50%. Databoks.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (n.d.). Kompetensi. In Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Kemnaker. (2021). PROYEKSI KEBUTUHAN TENAGA KERJA DI PERUSAHAN BERDASARKAN KOMPETENSI PADA SEKTOR TEKNOLOGI INFORMATIKA & KOMUNIKASI PADA TAHUN 2022 - 2025.

Knowles, M. S., Holton III, E. F., & Swanson, R. A. (2015). The Adult Learner-The definitive classic in adult education and human resource development (8th ed.). Routledge.

Koriati, E. D., Syam, A. R., & Ariyanto, A. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar Dalam Proses Pembelajaran. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 5(2), 85–95. https://doi.org/10.24269/ajbe.v5i2.4815

Krisna, F. N., Martono, S. F., Martak, Y. F., Purnama, J., & Restuaji, T. A. (2022). PENGARUH SERTIFIKASI PENDIDIK TERHADAP PENINGKATAN PUBLIKASI ILMIAH DOSEN DI PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 78–92. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2464

Lubis, A. A., Afni, N., Pratami, W. Z. S., Malasi, M. S., & Rizki, A. (2022). Strategi Pemasaran Sekolah SDIT FAJAR MEDAN melalui Keterlibatan Masyarakat di SDIT Fajar Medan Kec. Medan Area. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 690–696. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2312

MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA. (2014). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 92 TAHUN 2014.

Merriam, S. B., & B. (n.d.). Adult Learning: Linking Theory and Practice. Jossey-Bass.

Mustaqim, D. Al. (2023). Peran Pendidikan Profesi Guru untuk Meningkatkan Profesionalitas dan Kualitas Pembelajaran di Indonesia. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 168–176. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i02.224

Nasional, M. P. (2007). Permendiknas No 16 Tahun 2007.

Nurdin. (2023). TANTANGAN GURU DIMASA INDUSTRI 4.0: PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BARU. Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES 5.0), 10–15.

Nurisma, Y. (2021). Pendidikan Seumur Hidup. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(2), 289–275. https://doi.org/https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i2.722

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.207

Qurbani, D. (2017). Peningkatan Kompetensi Dosen Dalam Cara Mengajar Melalui Pengembangan Training Need Analysis (Studi Kasus Di Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang). Jimf (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(1), 112–133.

Risdiany, H. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam. Seminar Nasional Ilmu …, 3(2), 194–202. https://doi.org/https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i2.1236

Ruhmawan, I. (2023). Andragogi dan Pendidikan Sepanjang Hayat. Journal UIN Banten, 35–49.

Saad, N., & Sankaran, S. (2019). Kelestarian Pembangunan Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran Sepanjang Hayat (Sustainability of Teacher Professional Development in Lifelong Learning). Jurnal Pembangunan Sosial, 22, 11–22. https://doi.org/10.32890/jps.22.2019.12678

Sembiring, T. B., Dewi, R. D. L. P., Gugat, R. M. D., Febrian, W. D., Amrizal, & Ansori. (2024). PENINGKATAN KAPASITAS DOSEN DALAM PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI: WORKSHOP DAN PELATIHAN MENDALAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 581–590. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24702

Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172

Susanto, S., Hartoyo, H., & Syarief, R. (2021). Model Peningkatan Kompetensi Dosen; Peran Knowledge Sharing, Motivasi, Dan Need for Cognition Dosen Universitas Teuku Umar. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 55–65. https://doi.org/10.17358/jabm.7.1.55

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2016). Landasan Pendidikan (Suryani (ed.)). PT Bumi Aksara.

Veirissa, A. H. (2021). kualitas guru di Indonesia. Seminar Nasional Pascasarjana, 267–272.

White, J. E. (2017). Meet Generation Z. Baker Books.

Yulmasita Bagou, D., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(2), 122–130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522

Zaluchu, S. E. (2021). Pedoman Penelitian & Penulisan Karya Ilmiah LPPM STT Baptis Indonesia Semarang. Golden Gate Publishing.




DOI: https://doi.org/10.52879/jak.v2i1.128

DOI (PDF): https://doi.org/10.52879/jak.v2i1.128.g81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Naulia Julitandari Sembiring, Anjai Silalahi, Putri Maria Magdalena Siagian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Diaspora Wamena
Institution Website: http://stakdiaspora.ac.id/ 
Address: Jalan Patimura Kel. Wamena Kota Kec. Wamena Papua 99511