Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Berbasis Karakter Kasih

Grace Putri Kenanga, Tinny Mayliasari Susilo, Andreas Fernando

Abstract


Kasih sangat penting dalam kehidupan orang Kristen. Kasih tidak hanya diungkapkan dengan kata-kata, tetapi juga melalui tindakan konkret. Tuhan sendiri memerintahkan orang percaya untuk mengasihi Tuhan dengan segenap hati dan pikiran dan mengasihi manusia seperti diri sendiri. Kasih inilah yang dibutuhkan dalam Pendidikan Agama Kristen. Kurangnya kasih dalam pendidikan telah mengakibatkan kurangnya rasa percaya diri, mudah putus asa, tidak memiliki daya juang, menjadi antisosial dan sebagainya. Melihat ini masalah, tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran penerapan Pendidikan Agama Kristen berbasis karakter kasih melalui penanaman pemahaman tentang kasih Kristus. Hal tersebut akan membentuk karakter anak yang penuh kasih, serta dapat mempraktikkan kasih dalam kehidupan. Metode penulisan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil penulisan ini adalah perlunya kasih sebagai dasar Pendidikan Agama Kristen di sekolah. Pendidik merupakan pribadi yang penuh kasih, tujuan dan materi pembelajaran memuat capaian dan bahasan tentang kasih kepada Allah, sesama dan diri sendiri, metode pembelajaran untuk mempromosikan kasih, dan evaluasi pembelajaran berfokus pada perkembangan karakter kasih kepada anak.

Abstract

Love is very important in the life of Christians. Love is not only expressed in words, but also through concrete actions. God Himself commands believers to love God with all their heart and mind and to love humans as oneself. This love is what is needed in Christian Religious Education. Lack of love in education has resulted in a lack of self-confidence, easy to give up, lack of fighting spirit, become antisocial and so on. Seeing this problem, this paper aims to provide an overview of the implementation of Christian Religious Education based on the character of love through instilling an understanding of the love of Christ. This will form a child's character that is full of love, and can practice love in life. The writing method uses a qualitative method with a literature study approach. The result of this writing is the need for love as the basis for Christian Religious Education in schools. The educator is a loving person, the objectives and learning materials contain achievements and discussions about love for God, others and oneself, learning methods to promote love, and learning evaluation focuses on developing the character of love for children.



Keywords


Pendidikan Agama Kristen, Karakter, Kasih

Full Text:

PDF

References


Anjaya, C. E. (2021). Pendidikan Kristen dalam Kearifan Lokal Falsafah Jawa Upaya Membangun Iman Keluarga. Discreet: Journal Didache of Christian Education, 1(2), 99–107. https://doi.org/10.52960/jd.v1i2.76

Arifianto, Y. A., & Anjaya, C. E. (2022). Menggereja yang Ramah dalam Ruang Virtual: Aktualisasi Iman Kristen Merawat Keragaman. JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO, 4(2).

Baskoro, P. K. (2020). Landasan Psikologis Pendidikan Kristen dan Relevansinya dalam Pendidikan Kristen Masa Kini. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 1(1), 47–67. https://doi.org/10.52489/jupak.v1i1.6

Bilo, D. T. (2020). KARAKTERISTIK KASIH KRISTIANI MENURUT 1 KORINTUS 13. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.47457/phr.v1i1.2

Dharma, K., & dkk. (2013). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.

Dwikoryanto, M. I. T., Hendrilia, Y., & Anjaya, C. E. (2021). Sekolah Kristen dan Pendidikan Agama Kristen dalam Persiapan Menghadapi Era Society 5.0. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2), 97–108.

Groome, T. H. (2010). Christian Religious Education-Pendidikan Agama Kristen. In Jakarta: BPK Gunung Mulia (p. 37). Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Han, C. (2020). Menemukan Landasan/Kerangka Pelayanan Kristen Holistis Sebuah Studi atas Matius 4: 23--9: 35.

Hendrik, L. (n.d.). Moral, Karakter, dan Disiplin Dalam Pendidikan Agama Kristen. Edu Publiser.

Hudianto, S., Stevanus, K., & Anjaya, C. E. (2023). Transformasi Pendidikan Futuristik Melalui Konstruksi Masyarakat Pancasila sebagai Implementasi Pendidikan Multikultural: Sebuah Perspektif Kristiani. Jurnal Teologi Berita Hidup, 5(2), 329–346.

Hutapea, R. H. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 1(1), 18–30. https://doi.org/10.37364/jireh.v1i1.10

KPAI. (2016). Penjelasan Atas UU RI No. 23 Tahun 2002. Bank Data KPAI.

Kurniasari, A. (2019). DAMPAK KEKERASAN PADA KEPRIBADIAN ANAK. Sosio Informa, 5(1). https://doi.org/10.33007/inf.v5i1.1594

Marbun, R. C. (2019). KASIH DAN KUASA DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA KRISTEN. Jurnal Teologi Cultivation, 3(1), 88–97. https://doi.org/10.46965/jtc.v3i1.259

Mulyana, N., Resnawaty, R., & Kamil Basar, G. G. (2018). PENANGANAN TERHADAP ANAK KORBAN KEKERASAN (TREATMENT FOR CHILD ABUSE). Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1), 77. https://doi.org/10.31332/ai.v13i1.871

Ngesthi, Y. S. E., & Anjaya, C. E. (2022). Kesetiaan Kristus Sebagai Model Spiritualitas Kepemimpinan Jemaat: Kajian Teologis 2 Tesalonika 3:1-7. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 6(2), 173. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v6i2.382

Priatmojo, D., & Maud, S. (2022). Guru SD di Manado Aniaya Murid Hingga Lebam Gara-gara Tak Dihargai Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Selasa, 20 Desember 2022 - 12:00 WIB Judul Artikel : Guru SD di Manado Aniaya Murid Hingga Lebam Gara-gara Tak Dihargai Link Artikel : http. Viva.Co.Id.

Purwoto, P., Budiyana, H., & Arifianto, Y. A. (2020). Landasan Teologis Pendidikan Kristen dalam Perjanjian Baru dan Relevansinya bagi Pendidikan Kristen Masa Kini. DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 34–48.

Ramadhan, A. (2023). Laporan Kasus Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan Meningkat 3 Tahun Terakhir. Kompas.Com.

Ryken, P. G. (2016). Christian Worldview: Mengembalikan Tradisi Intelektual Kristiani (pp. 8–37). Jakarta, Indonesia: PT Suluh Cendikia.

Samben, T. A., & Christian, G. P. (2021). Kasih Kristus Sebagai Landasan Pengajaran Guru Kristen dalam Pendisiplinan Siswa [The Love of Christ as the Teaching Foundation for Christian Teachers in Disciplining Students]. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 3(3), 185. https://doi.org/10.19166/dil.v3i3.3185

Saptono. (2017). Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter (Wawasan, Strategi dan Langkah Praktis). Jurnal Ilmiah Al-Jauhari, 2(2), 18.

Sianipar, D., & Telaumbanua, S. (2022). Penerapan Teologi Cinta Kristus Dan Pedagogi Cinta Johann Heinrich Pestalozzi Dalam Pendidikan Agama Kristen Anak. Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.51667/mjpkaud.v3i1.877

Sihite, F., Anjaya, C. E., & Arifianto, Y. A. (2022). Mamon dalam Kultur Penyembahan Orang Kristen Masa Kini. Jurnal Teruna Bhakti, 4(2), 257–266.

Situmorang, S. (2015). Desain Pengajaran yang Alkitabiah. KERUSSO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1–18.

Susanto, E. (2023). Siswa SMP Temanggung Bakar Sekolah gegara Diejek Teman-Guru, Ini Pengakuannya. DetikJateng.

Toding, S. P., & Anjaya, C. E. (2021). Tinjauan Eksistensi Roh Kudus dalam Dunia Virtual. Ritornera-Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia, 1(3).

Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Uriptiningsih, A. L., Ngesthi, Y. S. E., & Anjaya, C. E. (2022). Dimensi meta-learning dalam transformasi pendidikan kristiani di Indonesia. Kurios. https://doi.org/10.30995/kur.v8i2.597




DOI: https://doi.org/10.52879/didasko.v3i1.89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 DIDASKO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexed By:
     
 
Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Diaspora Wamena
Institution Website: http://stakdiaspora.ac.id/ 
Address: Jalan Patimura Kel. Wamena Kota Kec. Wamena Papua 99511
e-jurnal Website: http://e-journal.stakdiaspora.ac.id/index.php/didasko/index
e-ISSN: 2776-5415 p-ISSN: 2776-5407

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).