Mengukir Peran Ayah Dalam Menumbuhkan Budaya Baca Anak Di Keluarga Kristen
Abstract
Budaya baca penting ditumbuhkan dalam diri seorang anak karena hal itu akan membantunya untuk melihat dunia luar dengan lebih baik dan terarah. Selain itu, membaca sejatinya merupakan salah satu dari jalan utama masuknya pengetahuan pada anak, yang apabila diterapkan dengan baik oleh seorang anak akan berdampak juga pada keunggulan di aspek ademiknya, serta berelasi pada masa depannya yang cemerlang. Adapun maksud dari penelitian ini ingin berupaya menjelaskan peran yang seorang ayah bisa ukir untuk menumbuhkan budaya baca pada anaknya. Penggunaan metode deskriptif kualitatif serta sokongan dari kajian literatur diharapkan mampu mendalami secara teliti dan cermat perihal sudut pandang Alkitab maupun media terkait dunia anak masa kini, urgensitas membaca bagi seorang anak, dan peran yang bisa seorang ayah lakukan untuk menumbuhkan budaya baca anak. Disimpulkan bahwa seorang ayah bisa menumbuhkan budaya baca pada anaknya ketika ayah mengenalkannya sedari anak kecil, menjadikan dirinya teman baca anaknya, mengajarkan anak membaca dengan kesabaran, dan berperan sebagai evaluator.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arnott, L., & Duncan, P. (2019). Exploring the pedagogic culture of creative play in early childhood education. Journal of Early Childhood Research, 17(4), 309–328. https://doi.org/10.1177/1476718X19867370
Baskoro, P. K. (2021). Prinsip-Prinsip Keluarga Kristen Sebagai Pusat Pendidikan Menurut Ulangan 6:1-25. SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 11(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.46495/sdjt.v11i1.107
Belsky, J. (2019). Early-Life Adversity Accelerates Child and Adolescent Development. Current Directions in Psychological Science, 28(3), 241–246. https://doi.org/10.1177/0963721419837670
Curtiss, S. L., McBride, B. A., Uchima, K., Laxman, D. J., Santos, R. M., Weglarz-Ward, J., & Kern, J. (2021). Understanding Provider Attitudes Regarding Father Involvement in Early Intervention. Topics in Early Childhood Special Education, 41(2), 147–159. https://doi.org/10.1177/0271121419844829
Darmawan, I. P. A. (2019). Pembelajaran Memorisasi Dalam Ulangan 6:6-9. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 3(1), 21. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v3i1.50
Dekker, R., Geuijen, K., & Oliver, C. (2021). Tensions of evaluating innovation in a living lab: Moving beyond actionable knowledge production. Evaluation, 27(3), 347–363. https://doi.org/10.1177/1356389021997848
Friantary, H. (2019). BUDAYA MEMBACA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS HIDUP MASYARAKAT. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 66–70. https://doi.org/10.29300/DISASTRA.V1I1.1485
Ginott, H. G. (1965). MEMESRAKAN HUBUNGAN ANDA DAN ANAK ANDA. Gramedia.
Goleman, D. (2016). EMOTIONAL INTELLIGENCE. Gramedia Pustaka Utama.
Gottman, J., & DeClaire, J. (2008). MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK. Gramedia Pustaka Utama.
Gregory, B. C. (2021). The role of memory in the Wisdom of Solomon. Journal for the Study of the Pseudepigrapha, 31(1), 49–61. https://doi.org/10.1177/09518207211023249
Hartono, H. (2018). Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen. Kurios, 2(1), 62. https://doi.org/10.30995/kur.v2i1.22
Hoffmann, J. D., Ivcevic, Z., & Maliakkal, N. (2021). Emotions, Creativity, and the Arts: Evaluating a Course for Children. Empirical Studies of the Arts, 39(2), 123–148. https://doi.org/10.1177/0276237420907864
Irhandayaningsih, A. (2019). Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 3(2), 109–118. https://doi.org/10.14710/ANUVA.3.2.109-118
Job, J., & Coleman, M. R. (2016). The Importance of Reading in Earnest Non-Fiction for Young Children. Gifted Child Today, 39(3), 154–163. https://doi.org/10.1177/1076217516644635
Lee, D. M. (2022). The Importance of Reading for Achieving in Grades Four, Five, and Six1. Teachers College Record: The Voice of Scholarship in Education, 35(2), 1–1. https://doi.org/10.1177/016146813303500207
Li, S., Nan, N., Xu, Q., & Li, J. (2020). Perceived quality of parent–child relationships by Chinese primary school students: The role of parents’ education and parent–child literacy activities. Child Language Teaching and Therapy, 36(2), 79–89. https://doi.org/10.1177/0265659020915943
Mahur, Y., Riyanto, Y., & Roesminingsih, E. (2019). Paulo Freire: Critical, Humanist and Liberating Education (Critical Reflections on Indonesian Education). IJEVS International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(8), 873–877. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i8.2242
Manurung, K. (2021a). Memitigasi Peran Orang Tua Di Keluarga Kristen Dalam Menanggulangi Dampak Disinformasi Dari Bingkai Teologi Pentakosta. SABDA: Jurnal Teologi Kristen, 2(1), 178–199. http://jurnalsttn.ac.id/index.php/SJT/article/view/18
Manurung, K. (2021b). Mencermati Arti Penting Penggunaan Bahasa Cinta Anak dalam Keluarga Kristen di Era 5.0. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(1), 53–70. https://doi.org/https://doi.org/10.47530/edulead.v2i1.53
Manurung, K. (2022a). MENCERMATI PENGGUNAAN METODE KUALITATIF DI LINGKUNGAN SEKOLAH TINGGI TEOLOGI. FILADELFIA Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 285–300. https://doi.org/https://doi.org/10.55772/filadelfia.v3i1.48
Manurung, K. (2022b). Menelisik Kontribusi Ayah dalam Mengajarkan Kemandirian pada Anak. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3(1), 61–77. https://doi.org/https://doi.org/10.47530/edulead.v3i1.95
Marcuse, H. (2019). ESAI TENTANG PEMBEBASAN. Tanda Baca.
Muslimin, M. (2018). Foster a Culture of Literacy Through Increased Reading Interest in Village Communities. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 37(1), 107–118. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v37i1.17141
Olyvia, N., Deak, V., Martina Fau, M., Kharisma Bandung Corresponding Author, S., Kunci, K., Kami, B., & Percaya, O. (2022). Analisis Kritis Doa Bapa Kami Menuru Injil Matius 6:9-13. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(5), 1196–1210. https://doi.org/10.55927/FJMR.V1I5.1120
Putra, A. M., & Desriyeni, D. (2019). Sistem Alih Media pada Koleksi Khusus Bung Hatta di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(1), 16–26. https://doi.org/10.24036/107293-0934
Rahmawati, R. (2020). Komunitas Baca Rumah Luwu Sebagai Inovasi Sosial Untuk Meningkatkan Minat Baca Di Kabupaten Luwu. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 158–168. https://doi.org/10.21831/DIKLUS.V4I2.32593
Ridwan Basalamah, M., Rizal, M., Efendi, E., Studi Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Islam Malang, U. (2020). Penyediaan Rumah Baca Masyarakat Sebagai Solusi Cerdas Mengawali Budaya Membaca. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 36–42. https://doi.org/10.31849/DINAMISIA.V4I1.3756
Rohimah, S., Hamamy, F., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Agama Islam dan Pendidikan Guru Universitas Djuanda Bogor, F., Tol Ciawi No, J., Barat Kilas Artikel Abstrak Volume, J., Kunci, K., & Belajar, B. (2022). Bimbingan Belajar dan Friday Literasi Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Anak-Anak Kampung Munjul. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 139–145. https://doi.org/10.30997/EJPM.V3I2.6295
Rohman, S. (2017). MEMBANGUN BUDAYA MEMBACA PADA ANAK MELALUI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 151–174. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.2118
Sari, A. Y., & Sa`ida, N. (2021). Investasi Edukasi Literasi Keuangan untuk Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2085–2094. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I3.1369
Strinati, D. (2022). POPULER CULTURE Pengantar Menuju Teori Budaya Populer. Narasi.
Wu, G., Zheng, J., & Zhai, J. (2021). Individualized learning evaluation model based on hybrid teaching. Individualized Learning Evaluation Model Based on Hybrid Teaching. https://doi.org/10.1177/0020720920983999
Yu, Y., Wei, X., Hisrich, R. D., & Xue, L. (2021). Father Presence and Adolescents’ Resilience: The Mediating Role of Failure Learning. Psychological Reports, 125(6), 2865–2878. https://doi.org/10.1177/00332941211029611
Zhang, L., Zhou, J., & Cao, S. (2021). The development of Chinese character reading and knowledge in young children. Journal of Chinese Writing Systems, 5(3), 157–171. https://doi.org/10.1177/25138502211025644
DOI: https://doi.org/10.52879/didasko.v3i1.80
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 DIDASKO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Institution Website: http://stakdiaspora.ac.id/
Address: Jalan Patimura Kel. Wamena Kota Kec. Wamena Papua 99511
e-jurnal Website: http://e-journal.stakdiaspora.ac.id/index.php/didasko/index
e-ISSN: 2776-5415 p-ISSN: 2776-5407
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).