Implikasi Metode Mengajar Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen
Abstract
ABSTRACT
The task of a Christian Religious Education teacher is not just to teach and prepare teaching materials, but a teacher is required to be able to create active, creative learning interactions and be able to design fun learning. Christian religious education teachers are not only tasked with transferring factual and conceptual knowledge to their students but Christian religious education teachers must think about how students can receive messages in their teaching and learning process. One of the reasons the learning process did not go as expected by the teacher was due to the inaccurate selection of teaching methods in the teaching and learning process. It cannot be denied that teaching methods also affect the ability of students to absorb learning material. Learning will be fun if the Christian Religious Education teacher chooses and uses various teaching methods in their teaching assignments. The research approach used is a descriptive approach, namely methods and research procedures that are Research Library by utilizing information sources from books and journals. This study aims to describe the implications of Christian religious education teaching methods for Christian religion teachers.
Keywords: Christian Religion Teachers, Christian Religious Education, Teaching Methods.
ABSTRAK
Tugas seorang guru Pendidikan Agama Kristen bukan hanya sekadar mengajar serta menyiapkan materi ajar, melainkan seorang guru dituntut untuk dapat menciptakan interaksi pembelajaran yang aktif, kreatif serta dapat mendisain pembelajaran yang menyenangkan. Guru pendidikan agama Kristen tidak hanya bertugas memindahkan pengetahuan faktual dan konseptual kepada peserta didiknya tetapi guru pendidikan agama Kristen harus memikirkan bagaimana peserta didik dapat menerima pesan dalam proses belajar mengajarnya. Salah satu penyebab proses pembelajaran tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh guru karena pemilihan metode mengajar yang kurang tepat dalam proses belajar mengajar Belajar dari Sang guru Agung, Tuhan Yesus Kristus selalu menggunakan metode yang berbeda-beda ketika mengajar para murid maupun orang banyak. Tidak dapat dipungkiri bahwa metode mengajar ikut memengaruhi kemampuan peserta didik dalam menyerap materi pembelajaran. Pembelajaran akan menjadi menyenangkan apabila guru Pendidikan Agama Kristen memilih dan menggunakan metode mengajar yang variatif dalam tugas mengajarnya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif, yaitu metode dan prosedur penelitian yang bersifat Research Library dengan memanfaatkan sumber-sumber informasi dari buku maupun jurnal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implikasi metode mengajar pendidikan agama Kristen bagi guru Agama Kristen.
Kata kunci: Guru Agama Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Metode Mengajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.
Boehlke, R. R. (1991). Sejarah Perkembangan Pemikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. BPK Gunung Mulia.
Boehlke, R. R. (2011). Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen dari Plato sampai IG Loyola. BPK Gunung Mulia.
Doglas, D. (2004). Ensiklopedia Alkitab Masa Kini Jilid II. Yayasan Komunikasi Bina Kasih.
Heath, W. S. (2005). Teologi Pendidikan Amak Dasar Pelayanan kepada anak. Kalam Hidup.
Homrighausen, I. H. E. & E. G. (2009). Pendidikan Agama Kristen. BPK Gunung Mulia.
Kristianto, P. L. (2006). Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. Andi Offset.
Lebar, L. E. (2006). Education that is Christian. Gandum Mas.
Lie, P. (2002). Metode anak aktif dalam bercerita dan membaca Alkitab. Andi Offset.
Nazir, M. (1998). Metode Penelitian. Gnalia Indonesia.
Nuhamara, D. (2009). Pembimbing PAK. Jurnal Indo Media.
Park, Y. S. (2001). Tafsiran Alkitab Kisah Para Rasul. Departemen Literatur YPPII.
Schnabel, E. J. (2010). Rasul Paulus Sang Misionaris. Andi Offset.
Sidjabad, B. S. (2017). Mengajar Secara Profesional (3rd ed.). Kalam Hidup.
Sidjabat, B. S. (1993). Mengajar secara Profesional Mewujudkan Visi Guru Profesional. Bandung: Kalam Hidup.
Sijabat, B. S. (1994). Strategi Pendidikan Kristen: Suatu Tinjauan Theologis-Filosofis. Yogyakarta: Yayasan Andi.
Somandi, S. N. &. (2012). Panduan Penyusunan Silabus dan RPP. Group Relasi Inti.
Stevanus, D. (2009a). Sejarah PAK dan Toko-toko Besar PAK. Bina Media Info.
Stevanus, D. (2009b). Sejarah PAK Toko-toko Besar PAK. Bina Media Infi.
Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineke Cipta.
DOI: https://doi.org/10.52879/didasko.v1i1.12
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Hendrik Legi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Institution Website: http://stakdiaspora.ac.id/
Address: Jalan Patimura Kel. Wamena Kota Kec. Wamena Papua 99511
e-jurnal Website: http://e-journal.stakdiaspora.ac.id/index.php/didasko/index
e-ISSN: 2776-5415 p-ISSN: 2776-5407
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).