Peran Kreativitas Guru Kristen Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Nara Didik

Patris Boki, Natan Pahabol, Elieser R Marampa

Abstract


This article examines the role of Christian teachers‘ creativity and learning motivation on students’ achievement. The purpose of this study is to analyse the extent to which teachers‘ creativity in teaching and students’ learning motivation affect their academic outcomes. The research method used is a descriptive qualitative approach with a literature study approach. It can be concluded that teacher creativity in delivering subject matter has a significant impact on student learning motivation. In addition, learning motivation is proven to be a key factor in improving students' academic achievement. The findings emphasise the importance of developing creative and effective teaching strategies to enhance learning motivation and, in turn, students' academic achievement in the context of Christian education. The role of the teacher also greatly influences students' learning motivation, hence the teacher should be able to adjust himself/herself with students so that they get a comfortable and pleasant learning atmosphere.

Abstrak

Artikel ini mengkaji peran kreativitas guru Kristen dan motivasi belajar terhadap prestasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana kreativitas guru dalam mengajar dan motivasi belajar siswa memengaruhi hasil akademik mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskritif dengan pendekekatan studi literature maka dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dalam menyampaikan materi pelajaran memiliki dampak signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu, motivasi belajar terbukti menjadi faktor kunci dalam peningkatan prestasi akademik peserta didik. Temuan ini menekankan pentingnya mengembangkan strategi pengajaran yang kreatif dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan, pada gilirannya, prestasi akademik siswa dalam konteks pendidikan Kristen dan. Peran guru juga sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa, maka dari itu guru harus bisa menyesuaikan dirinya dengan siswa agar mereka mendapatkan kenyamanan dan suasana belajar yang menyenangkan.


Keywords


Peran Kreativitas, Guru Kristen, Motivasi Belajar, Prestasi, Nara Didik

Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.

Annisa, A. N. (2019). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa di sekolah. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 1–6.

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 97–109. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462

Hamalik, O. (2012). Psikologi Belajar Mengajar. Remaja rosdakarya.

Hamzah B Uno. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Bumi Aksara.

Hana, H., Arifianto, Y. A., & Triposa, R. (2022). Kode Etik dan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen: Upaya Meningkatkan Karakter Anak. IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(2), 134–149. https://doi.org/10.46305/im.v3i2.132

Hasan, M. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Pustaka Setia.

Hidayat, R. (2019). Ilmu pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya.” LPPI.

Hurommo. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Mitra Belajar.

Julrissani, J., Parid, M., & Kusainun, N. (2020). Membangun Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sd Muhammadiyah Karangbendo. El Midad, 12(1), 1–17. https://doi.org/10.20414/elmidad.v12i1.1757

Kettler, T., Lamb, K. N., Willerson, A., & Mullet, D. R. (2018). Teachers’ Perceptions of Creativity in the Classroom. Creativity Research Journal. https://doi.org/10.1080/10400419.2018.1446503

Mega, M., & Arifianto, Y. A. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi. THEOLOGIA INSANI (Jurnal Theologia, Pendidikan, Dan Misiologia Integratif), 1(2), 163–180. https://doi.org/10.58700/theologiainsani.v1i2.16

Monawati., M., & Fauzi., F. (2018). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 21–32. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195

Munandar, U. (2017). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Gramedia Pustaka.

Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja rosdakarya.

Nana Sudjana. (2015). Penilaian hasil Proses mengajar. Remaja rosdakarya.

Oktaviani, N. M., & Wulandari, I. (2019). Implementasi Standar Proses Dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 182. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7839

Pakpahan, G. (2022). Pembentukan Pribadi Kreatif Dan Semangat Belajar Anak Di Panti Asuhan Rapha-El. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i1.490

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Paulus Lilik Kristianto. (2006). Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen. Andi Offset.

Rusyan dkk, A. T. (2015). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Remaja rosdakarya.

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.

Semiawan, C. (2015). Pendekatan Ketrampilan Proses. Gramedia Pustaka.

Sijabat, B. S. (2000). Menjadi Guru Profesional. Yayasan Kalam Hidup.

Slameto. (2013). belajar dan faktor - faktor yang mempengaruhinya. Rhineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Methode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif dari R&D. Alfabeta.

Suharno dan Ana Retnoningsih. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Widya Karya.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Rhineka Cipta.

Usman, M. (2015). Menjadi Guru Profesional. Remaja rosdakarya.

UU no 20 Tahun 2003. (2003). UU no 20 Tahun 2003 tentang sikdiknas (Issue 1, pp. 6–8). https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004




DOI: https://doi.org/10.52879/jak.v2i2.136

DOI (PDF): https://doi.org/10.52879/jak.v2i2.136.g88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Patris Boki, Natan Pahabol, Elieser R Marampa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Diaspora Wamena
Institution Website: http://stakdiaspora.ac.id/ 
Address: Jalan Patimura Kel. Wamena Kota Kec. Wamena Papua 99511